Home / Analisis Saham / Desember Asing Terus Jualan, ini Cara Ritel ambil Untung

Desember Asing Terus Jualan, ini Cara Ritel ambil Untung

Minggu pertama desember ini menjadi minggu yang membahagiakan bagi pasalnya IHSG naik luar biasa, padahal waktu IHSG menembus 6000 banyak beberapa analis yang memprediksikan IHSG akan terus turun ke 5800, bahkan ada yang mempunyai prediksi ke 5400..

Prediksi kami untuk IHSG pada akhir November

Sepanjang bulan desember di channel telegram kami selalu memberikan pandangan kami tentang IHSG yang kurang menarik karena aksi investor asing yang terus melakukan penjualan. Bahkan jika rekan-rekan mengikuti channel telegram, kamipun sangat jarang memberikan rekomendasi saham sepanjang November karena kondisi IHSG yang menurut kami tidak menarik sama sekali untuk saham-saham medium dan bigcap..

Di channel telegram sejak pertengahan November kami selalu membahas tentang window dressing, kami pun membuat artikel singkat mengenai window dressing dan apa dampaknya terhadap bursa saham.. Jika anda belum membaca artikelnya silakan dibaca (Apa sih Window Dressing dan Bagaimana Memanfaatkannya).

Sampai pada puncaknya tanggal 28 November saat mayoritas publik takut IHSG menembus 6000 kami memberikan statement seperti ini di channel telgram..

Ya, prediksi kami waktu itu IHSG bulan November akan berada di 5950 dan selanjutnya akn terus naik karena adanya efek window dressing…

Bulan Desember Jangan Perhatikan ASING!!

Beberapa tahun kebelakang investor asing selalu menjadi bahan pembicaraan dalam setiap pergerakan yang terjadi di IHSG. Namun khusus untuk bulan desember ini saja kami berani katakan bahwa kita tidak usah memperdulikan pergerakan Investor Asing di IHSG… Hall ini pun Berikut statistik IHSG sepanjang bulan Desember dalam 9 Tahun kebelakang .. Hal ini pun selalu kami ingatkan sepanjang bulan November ini di channel telegram kami…

Dari statistik diatas kita dapat melihat bahwa sepanjang 9 tahun kebelakang 8 dari 9 tahun yang ada investor asing selalu melakukan penjualan yang besar di IHSG… Bahkan dalam Desember tahun lalu investor asing melakukan penjualan sebesar 5,9T.

Alasan kenapa investor asing terus jualan dan IHSG terus naik sepanjang bulan Desember sebenarnya sederhana karena dalam window dressing di indonesia yang punya kepentingan melakukan window dressing adalah INVESTOR LOKAL, dan investor asing memanfaatkan kepentingan tersebut untuk profit taking.

IHSG Desember 2019

Sejauh ini sepanjang minggu pertama dibulan Desember ini IHSG sudah naik 2,9% dengan dana asing yang keluar sebesar -325 Miliar Rupiah.

Kenaikan ini menurut kami sudah cukup besar dan rasanya dalam 1 minggu depan akan terjadi koreksi di IHSG sebelum melanjutkan kenaikannya lagi nanti menjelang akhir tahun. Investor asing seharusnya masih akan tetap jualan, dan kita tidak perlu takut untuk itu….

 

CARA RITEL MANFAATKAN PENJUALAN ASING

Jika nanti IHSG koreksi setidaknya kita harus mencari saham-saham yang banyak diakumulasi BANDAR sepanjang minggu kemarin dan membeli jika nanti saham tersebut turun dengan status tanpa distribusi bandar… Lalu kita dapat kembali memanfaatkan kepentingan investor lokal besar dalam periode window dressing ini..

Untuk melihat saham-saham yang diakumulasi bandar setiap harinya dan update saham akumulasi mingguan rekan-rekan dapat melihat pada channel telegram kami TELEGRAM seperti dibawah ini..

Kira-kira seperti itulah pandangan serta prediksi kami mengenai IHSG untuk seminggu kedepan.. Maaf jika artikelnya pendek karena kami analis bukan jurnalis, jadi tidak pandai menulis panjang-panjang…

Silakan bagi yang ingin bergabung dengan channel dan grup telegram kami dapat bergabung melalui link dibwah ini (KLIK DISINI)

Semoga Bemanfaat

About Fransiskus Wiguna

Big God, Small Me.. Love mentoring people...

Check Also

Testimoni Kelas Bandarmologi 19-30 Agustus 2020

Berikut adalah testimoni Kelas Bandarmology online 29-30 Agustus 2020 Erwien Workshop yang menjadi rebutan member …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *