Home / Artikel Saham / Apa itu Likuiditas dalam transaksi saham ?

Apa itu Likuiditas dalam transaksi saham ?

Bagaimana mengukur likuiditas suatu saham ??

Likuiditas merupakan salah satu factor yang selalu menjadi bahan pembicaraan pelaku pasar. Memang apa sih sebenarnya likuiditas itu ? bagaimana cara mengukurnya ??? dan seberapa penting likuiditas dalam bertransaksi saham.

Apa itu Likuiditas ?

Menurut pemahaman saya sendiri yang dimaksud likuiditas adalah seberapa cepat asset yang kita punya bisa menjadi uang tunai begitupun sebaliknya, oleh karena itu tanah disebut aset yang tidak likuid, karena butuh waktu yang lama untuk menjadi uang cash.

Mengukur Likuid tidaknya saham

Dalam transaksi saham sendiri likuid atau tidaknya sebuah saham diukur dari besarnya transaksi rata-rata harian yang terjadi. Untuk ilustrasi silakan lihat grafik dibawah ini ..

Diatas merupakan value transaksi dan average value transaksi 20 hari saham BBCA dan CTTH. Dari data value transaksi diatass kita dapat melihat bahwa value saham BBCA per saat itu adalah 366 Miliar, dengan rata-rata transaksi 342 Miliar dengan value yang cukup konsisten setiap harinya..
Sementara itu CTTH value transaksi pada saat itu 100 Juta, dengan avg Value transaksinya 90 juta saja.. Artinya apa ??

Jika kita punya uang 1 Miliar dan ingin beli saham, maka akan lebih likuid (ingat definisi, seberapa cepat) BBCA daripada CTTH. Namun sekali lagi, likuid tidaknya suatu saham akan kembali lagi kepada seberapa besar dana yang anda gunakan dalam bertransaksi saham, jika dana anda 10 Juta maka CTTH termasuk yang likuid bagi anda, tapi tidak bagi orang lain yang dana tradingnya ratusan juta atau miliaran….

Semoga Bermanfaat.

About Fransiskus Wiguna

Big God, Small Me.. Love mentoring people...

Check Also

Testimoni Kelas Bandarmologi 19-30 Agustus 2020

Berikut adalah testimoni Kelas Bandarmology online 29-30 Agustus 2020 Erwien Workshop yang menjadi rebutan member …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *