Home / Dasar Analisis Teknikal / Trendline dan Skala dalam Analisis Teknikal

Trendline dan Skala dalam Analisis Teknikal

Apa itu trend ?

Trend merupakan kecenderungan sebuah pergerakan harga yang membentuk kenaikan (uptrend), penurunan (downtrend), maupun pergerakan flat (sideways). Trend sendiri dibagi menjadi 3 yaitu primary trend, secondary trend, dan minor trend. Profit dapat didapat dengan memanfaatkan trend, yaitu dengan cara mengikuti trend dari awal hingga trend tersebut selesai. Berikut ilustrasi dari ke-3 jenis trend.

Bagaimana membuat trendline ?

Untuk membuat trendline, caranya yaitu :

Untuk downtrend, hubungkan 2 reversal atas yang ada di chart

 

Untuk uptrend, hubungkan 2 titik reversal bawah yang ada di chart

Apa itu Skala dalam Analisis Teknikal ?

“Skala adalah jarak antar titik harga yang terdapat dalam sebuah grafik”

Dalam trend terdapat 2 skala, yaitu arithmetic dan logarithmic.

Skala logarithmic jarak antar harga pada grafik dihitung dengan menggunakan persen perubahan harga, contohnya seperti gambar dibawah ini.

Pada chart diatas jarak harga 1000 ke 2000 sama dengan jarak 2000 ke 4000, yaitu sama-sama perubahan harga sebesar 100%.

Skala arithmetic adalah sebuah skala dalam grafik dimana jarak antar harga dihitung berdasarkan poin perubahan harga.  Akibatnya jarak setiap harga pada grafik sama.

Sementara pada arithmetic, jarak harga 1000 ke 2000 tidak sama dengan jarak 2000 ke 4000, namun  jarak harga 1000 ke 2000 sama dengan jarak 2000 ke 3000, hal ini terjadi Karena arithmetic mengacu ke perubahan harga dalam bentuk point, bukan presentase.

Mana yang lebih baik Arithmatic atau Logarithmic ?

Untuk menentukan silakan lihat perbandingan rekomendasi cut loss point pada saham JSMR dengan menggunakan chart arithmetic dan logarithmic dibawah ini :

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Melihat dari perbandingan diatas, logarithmic lebih direkomendasikan Karena memberikan sinyal pembalikan trend yang lebih cepat dibandingkan arithmetic.

Itu merupakan pembahasan mengenai skala dalam chart pada analisa teknikal, jika ada kekeliruan mohon dikoreksi melalui kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

About Fransiskus Wiguna

Big God, Small Me.. Love mentoring people...

Check Also

Testimoni Kelas Bandarmologi 19-30 Agustus 2020

Berikut adalah testimoni Kelas Bandarmology online 29-30 Agustus 2020 Erwien Workshop yang menjadi rebutan member …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *